Penyebab Erosi

Perhatikan perbedaan permukaan tanah yang banyak di tanami tumbuhan dan permukaan tanah yang gundul.
Pada permukaan tanah yang banyak ditumbuhi tumbuhan, air yang jatuh ke tanah di serap oleh akar tumbuhan. Sedangkan permukaan tanah yang gundul, air hujan langsung mengalir di atas permukaan tanah, karena tidak ada penahan aliran air. Sehingga aliran air membawa serta lapisan tanah atas yang subur, sehingga terjadi erosi.
Erosi adalah pengikisan tanah oleh air. Erosi akan menghanyutkan humus sehingga tanah menjadi gersang dan tandus. Untuk menghindarkan terjadinya erosi dapat dilakukan dengan cara memperbanyak jumlah dan jenis tanaman. Akar tanaman dapat menyerap air di dalam tanah dan daun-daun akan mengurangi jatuhnya air hujan ke atas tanah.
Pengertian Erosi dan Cara Menyuburkan Tanah

Macam-macam erosi antara lain:

  • Erosi deflasi, yaitu erosi yang ditimbulkan oleh angin. Erosi ini terjadi di daerah gurun pasir yang luas, misalnya di Gurun Saudi dan Gurun Sahara.
  • Erosi glasial, yaitu erosi yang disebabkan oleh es atau salju yang mencair. Erosi ini terjadi pada daerah pegunungan yang bagian puncaknya selalu diselimuti salju.
  • Erosi marine (abrasi), yaitu erosi yang disebabkan oleh pukulan-pukulan gelombang air laut. Abrasi dapat mengakibatkan jebolnya tebing-tebing pantai.
 
Copyright © 2014 Sains Land - All Rights Reserved
Template By Catatan Info